Pages

Subscribe:

About

Minggu, 23 Desember 2012

Penyanyi Rock Terbaik



1. Freddie Mercury (5 September 1946 - 24 November 1991)

freddieearly80sSiapa yang tidak kenal Freddie Mercury? Penyanyi yang juga vokalis dari grup band rock Inggris, Queen, yang sering dinobatkan sebagai penyanyi terbaik sepanjang masa. Freddie Mercury berkali-kali terpilih oleh media internasional sebagai vokalis terbaik sepanjang masa karena ciri khas suara yang unik, memiliki karakter opera yang begitu kuat, bisa menyanyikan berbagai aliran musik serta merupakan seorang pianis yang handal. Karakter vokal Freddie bisa mencapai 4 oktaf dan bisa menyanyikan nada rendah F. Bahkan ia memiliki ciri suara bariton yang bisa menyanyikan nada tenor termasuk teknik falsetto yang begitu sempurna dan mengagumkan. Busananya di panggung juga tidak kalah menarik. Ia sering memakai gaun balet dan opera di era 70-an dan mulai ‘bertelanjang dada’ di era 80-an. Aksi panggungnya juga mencengangkan. Bahkan David Bowie dan Michael Jackson yang juga penggemar Freddie pernah menyaksikan aksi panggung Freddie Mercury bersama Queen dan begitu terhibur serta terpengaruh dalam aksi panggung mereka. Jajak pendapat kritikus dan musisi-musisi di dunia akhir-akhir ini menyatakan bahwa Freddie Mercury dan band-nya Queen disebut-sebut sebagai pemilik aksi panggung terbaik sepanjang masa setelah tampil di pertunjukan amal Live Aid di London 1985 silam.

Freddie Mercury lahir di Stone Town, Zanzibar, Afrika tanggal 5 September 1946 dengan nama Farrokh Bulsara. Ayah dan ibunya merupakan keturunan Parsi-India yang hengkang ke Inggris setelah terjadi revolusi di kota asalnya. Di Inggris, Freddie pernah mengenyam kursus piano formal, dan pernah tampil di acara-acara ulang tahun dan acara semi-formal lainnya bersama teman-temannya ketika diundang oleh teman sekolahnya. Di perkuliahan, Freddie Mercury merupakan sarjana kesenian di Ealing Art College. Dia berteman baik dengan Tim Staffel yang merupakan bassis dan vokalis grup band Smile (band cikal-bakal Queen), yang kemudian memperkenalkan dirinya dengan gitaris Brian May dan juga drummer Roger Taylor. Tim Staffel mengundurkan diri dari Smile karena ingin berkarya solo. Freddie kemudian mengubah nama Smile menjadi Queen dan melukis lambang band tersebut dengan menggunakan shio masing-masing personil. Queen mencari pemain bass dengan cara mengaudisi mereka yang mendaftar, dan John Deacon sebagai orang ketujuh atau the lucky star yang kemudian terpilih menjadi pelengkap band tersebut.

Bersama Queen, Freddie Mercury telah menciptakan banyak lagu yang menjadi hits di dunia, salah satunya Bohemian Rhapsody. Siapa yang tidak kenal dengan lagu itu? Lagu yang beberapa kali dinobatkan sebagai lagu terbaik sepanjang masa ini memiliki struktur musik yang hebat. Disini jugalah kualitas suara dan musikalitas Freddie Mercury teruji dan diakui.

Selain itu, Freddie Mercury juga menciptakan 10 lagu dari 17 lagu di album Greatest Hits. Bukti bahwa Freddie Mercury juga berkemampuan hebat dalam menciptakan lagu. Musiknya juga mengagumkan. Freddie menulis lagu dengan struktur kord yang aneh. Menurut Brian May sang gitaris, musik rock kebanyakan ditulis dengan nada D atau E, kadang bisa juga dengan A. Tetapi lain dengan Freddie Mercury, ia menulis dengan struktur kord yang aneh dan susah dimainkan dengan gitar. Inilah sebabnya lagu Freddie Mercury lebih unggul dibandingkan dengan lagu dari musisi lain. Selain itu, suaranya bisa pas dengan musik yang strukturnya aneh tersebut. Hal-hal tersebutlah yang membuat saya menempatkan Freddie Mercury sebagai posisi teratas penyanyi terbaik sepanjang masa. Banyak orang menyebut bahwa predikat ‘The King of Rock’ cocok sekali diberikan kepada Freddie Mercury. Sang legenda pun meninggal pada tahun 1991 setelah bertahun-tahun mengidap AIDS. Freddie dikenal mengalami gangguan orientasi seks yang membawa dirinya menjadi seorang biseksual. Kini sang legenda meninggalkan warisan karya-karya terbaiknya yang akan selalu kita kenang.

Mungkin sebagai bukti lain sebagai bahan pertimbangan mengapa saya menempatkan Freddie Mercury di posisi teratas, Anda harus mendengarkan lagu-lagu ini sebagai bahan pertimbangannya: Bohemian Rhapsody, Love of My Life, The March of the Black Queen, Somebody to Love, Ogre Battle, Mustapha Ibrahim, Jealousy, The Prophet Song, You and I, You’re My Best Friend, Crazy Little Thing Called Love, Good Old-fashioned Lover Boy, Seaside Rendezvous, Killer Queen, Bicycle Race, We are the Champions, We Will Rock You, Fat Bottomed Girl, Lazing on a Sunday Afternoon, dan lain sebagainya.

Simak aja lagu nya 
Queen - Bohemian Rhapsody



2. John Lennon (9 Oktober 1940 - 8 Desember 1980)

john_lennonJohn Winston Lennon merupakan pendiri dan pentolan grup musik legendaris asal Inggris, The Beatles. Ia dikenal sebagai vokalis inti, gitaris dan pencipta lagu dari grup band tersebut. Bersama Paul McCartney, mereka telah banyak menciptakan lagu-lagu di The Beatles hingga menjadi lagu-lagu terbaik yang paling dikenal di dunia. Pasangan Lennon/McCartney tertera di dalam pencipta lagu-lagu The Beatles selama kurun waktu 60-an hingga 70-an, dan tercatat sebagai duet pencipta lagu terbaik dan tersukses sepanjang masa.

John Lennon memiliki kemampuan suara yang lembut dan berkesan gentle sebagai vokalis. Karakter suara pelan dan kadang memekik mengisi vokal-vokal di setiap lagu The Beatles, bahkan karakter vokal dan penciptaan lagunya menjadi inspirasi musisi masa kini. Kemampuan vokal yang baik ditambah dengan permainan musik serta penciptaan lagu menjadikan Lennon meraih posisi kelima ini. Suara yang terdengar santai dan bisa dinikmati segala usia, membuat kesan kuno pada musiknya bisa dihilangkan. John Lennon selain sebagai penyanyi juga merupakan seorang multi-instrumentalis, pencipta lagu, penulis, aktivis perdamaian, aktor dan penyair. John Lennon juga terkenal dengan sikap sinisnya dan sangat cocok dipadukan dengan Paul McCartney yang merupakan seseorang yang optimis dan cenderung perfeksionis.

John Lennon lahir di Liverpool, Inggris dengan masa kecil yang kurang bahagia. Di usia balita ia ditinggal pergi oleh ayahnya yang pergi berlayar sebagai seorang pelaut, dan masa kecilnya dihabiskan dengan tinggal dengan bibinya. Ia sangat terpengaruh dengan musik Rock n’ Roll dari idolanya ketika remaja yaitu Elvis Presley dan Chuck Berry. Masa remajanya dihabiskan bermain dengan teman-temannya sesama pecinta musik Rock n’ Roll. Kemampuan bermusiknya terus berkembang, termasuk ketika dia bertemu dengan Paul McCartney yang menyukai pertunjukan Lennon bersama teman-temannya. Paul McCartney kemudian bergabung dengan John Lennon di dalam The Quarrymen, dan memainkan gitar akustik sambil bernyanyi. John Lennon bersama Paul McCartney kadang berbagi mic di atas panggung saat menyanyikan lagu-lagu The Beatles. Kejenuhan mereka dengan aktivitas The Beatles yang begitu-begitu saja menjadi salah satu penyebab mereka bubar.

John Lennon dengan karakter suara yang sangat bisa dinikmati dan lembut serta aksi panggung yang baik membuat dia akan selalu dikenang oleh fans beratnya di seluruh dunia. Ditambah lagu-lagunya yang menawarkan kisah dan syair yang menyentuh mengenai percintaan, kisah hidup, perdamaian, dan lain-lain. John Lennon tewas ditembak oleh penggemarnya sendiri sesaat sebelum memasuki apartemennya. Sang legenda pun tiada dengan warisan musik dan pesan damai yang mendalam bagi seluruh dunia.

Lagu-lagunya yang harus Anda dengar sebagai bahan acuan mengapa saya menempatkan dia di posisi kelima: Imagine, In My Life, Twist and Shout, Revolution, Strawberry Fields Forever, I’ll Cry Instead, You’ve got to hide your love away, A Hard Day’s Night, Baby’s in Black, Anna (Go with Him), Chains, Don’t Let Me Down, Please Please Me, Mr. Postman, dan lain sebagainya.

Untuk videonya, saya akan memberikan video yang berisi foto masa kecil John Lennon disertai dengan lagu yang ia ciptakan dan nyanyikan. Anda bisa menontonnya disini:





>John Lennon - Remember





Elvis Presley (8 Januari 1935-16 Agustus 1977)

elvisElvis PresleyElvis Aaron Presley merupakan penyanyi Rock n’ Roll asal Amerika Serikat yang sering disebut sebagai King of Rock ‘n Roll. Ciri khas Elvis yang paling dikenal adalah gaya rambut yang istimewa dengan busana yang eksentrik, yang menjadikan gayanya sebagai simbol musik Rock n’ Roll. Elvis merupakan penyanyi berbakat yang sudah mendunia namanya sejak usia muda, bahkan dia sudah mulai bernyanyi ketika masih kanak-kanak. Elvis dikenal sebagai era awal musik Rock n’ Roll, yang memperkenalkan musik keras tetapi bersatu dengan ballad. Di awal kejayaannya, Elvis sudah menarik bagi para penggemar, dan setiap pertunjukannya ditonton oleh massa yang begitu banyak. Suara Elvis dikenal berat dan ngebass sebagai ciri khas musik Rock jaman dulu. Pertunjukan awalnya dihadiri oleh massa yang begitu banyak, dan gayanya di atas panggung kerap ditiru oleh remaja-remaja pecinta Rock n’ Roll. Kriteria suara yang begitu khas membuat Elvis tidak memiliki tandingan di era musik Rock, bahkan penyanyi sekelas Ricky Nelson pun susah menandingi ketenarannya. Elvis juga menjadi idola para remaja Amerika, juga Inggris. Bahkan John Lennon, Paul McCartney serta personil The Beatles lainnya ketika remaja merupakan fans berat Elvis Presley. Kecintaan mereka terhadap Elvis Presley-lah yang membuat mereka hidup dalam dan untuk musik. Selain The Beatles, Freddie Mercury dan juga The Rolling Stones merupakan fans Elvis Presley. Pengaruh Elvis juga membawa mereka tercampur dalam gairah musik Rock n’ Roll.

Elvis pada jamannya bisa menyanyikan banyak aliran musik seperti blues, jazz, dan tentunya rock. Namun, seluruh aliran musik tersebut tetap berbasis pada Rock n’ Roll. Unsur ballad juga merupakan hal yang kental dalam lagu dan suaranya. Penampilan yang eksentrik ditambah vokal yang mengagumkan serta lagu-lagu hits jaman itu membuatnya menjadi panutan remaja yang banyak meniru gayanya, seperti gaya berbusana, gaya menyanyi hingga gaya potongan rambut.

Elvis ditemukan tewas di rumahnya di Memphis tahun 1977 karena penyakit jantung, yang kemungkinan disebabkan oleh kesehariannya yang terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan. Predikat King of Rock n’ Roll pun selamanya akan berdiri tegak sejajar dengan namanya, Elvis Presley.

Lagu-lagunya yang menjadi hits sampai sekarang adalah: Jailhouse Rock, Love Me Tender, Can’t Help Falling in Love, Burning Love, Blue Suede Shoes, Marie’s the Name, Heartbreak Hotel, dan masih banyak lagi.



Elvis Presley - Heartbreak Hotel





4. Jon Bon Jovi (2 Maret 1962)
jon-bon-joviJohn Francois Bongiovi atau yang lebih dikenal dengan Jon Bon Jovi merupakan vokalis dan pendiri band terkenal Amerika, Bon Jovi. Jon Bon Jovi sangat dicintai oleh penggemarnya terutama para wanita karena karakter suara yang khas dan mengagumkan, ketampanannya dan gaya hidup sebagai Rocker yang baik dan taat beragama. Jon Bon Jovi dikenal dengan suara rock yang khas dengan nada tinggi, serta tarikan nafas yang panjang membuat nada tinggi suaranya bisa terdengar begitu melengking. Karakter suara rock yang khas merupakan ciri khasnya yang bisa juga menyanyikan lagu-lagu mellow.
Jon Bon Jovi lahir di New Jersey, Amerika Serikat pada tanggal 2 Maret 1962. Bersama Bon Jovi, band yang dibentuknya tahun 1983 silam, ia telah merilis hit-hit besar seperti It’s My Life, Blaze of Glory, dan lain sebagainya. Lagu-lagu yang ditulis oleh Bon Jovi dinyanyikan dengan karakter vokal yang keras namun seimbang. Tempo yang tinggi maupun pelan tetap mngandung unsur keras dalam karakter suaranya, namun tetap mellow bila temponya pelan.
Jon dikenal sebagai Rocker yang jauh dari rokok dan alkohol serta seks bebas, lain dari kebanyakan musisi-musisi dunia. Selain vokalis, Jon juga merupakan komponis, aktor serta multi-intrumentalis. Sebagai penyanyi dan frontman, ia membawa band-nya Bon Jovi ke dalam kesuksesan besar dengan penjualan album yang melampaui 100 juta keping album di seluruh dunia.
Karakter suaranya yang begitu khas bisa didengar dalam lagu: Thank You For Loving Me, It’s My Life, You Give Love a Bad Name, I’ll be there for you, Miracle, Santa Fe, Blaze of Glory, What Do You Got, dan lain sebagainya.




Jon Bon Jovi - Blaze Of Glory




5. CE ROSE Jr (Axl Rose)


(lahir di Lafayette, Indiana, 6 Februari 1962; umur 47 tahun) adalah "lead vocals" Guns N' Roses band asal Los Angeles, California Amerika Serikat. Musisi yang lebih dikenal dengan nama Axl Rose selama ini dikenal sebagai pemimpin sekaligus pendiri Guns N' Roses (bersama Tracii Guns pada tahun 1985), sosok Axl ditubuh GNR begitu dominan, dia yang mengatur semua alur cerita setiap GNR "memulai pertualangannya".

Axl Rose mempunyai sifat otoriter, egois, dan dengan emosi yang meledak-ledak, tak jarang teman-teman sebandnya kena semprot "kebengisannya" Axl, dan oleh sebab itulah Guns N' Roses bubar karena teman sebandnya sudah tidak tahan lagi atas perilakuan Axl yang mau menang sendiri, ada yang mengundurkan diri, ada dipecat, dan ada juga yang keluar dikarenakan beda pendapat dengan Axl mengenai kemana selanjutnya arah music GNR.

Di Guns N' Roses, Axl yang juga pencipta dan penulis lagu, dia diberkahi kemampuan bisa merubah suaranya hingga 3X saat dia sedang bernyanyi dan dia juga bisa bernyanyi sambil berlari kesana-kemari. Sebuah ciri khas Axl dengan GNR-nya yang tak bisa digantikan vocalis manapun seandainya dia keluar dari band. Tapi bukan berarti dia saja yang terpenting ditubuh Guns N' Roses, ada satu lagi sosok yang terpenting di GNR, dia tak lain adalah sang gitaris GNR itu sendiri Slash. Menurut penggemar-penggemar "Guns N' Roses sama dengan Slash", tanpa Slash GNR sama seperti kehilangan "Guns-nya", dia lah warna GNR yg sesungguhnya dengan lantunan supernya dan dengan cara dia memainkan gitar.


6. KURT DONALD COBAIN







(20 Februari 1967 – ± 5 April 1994) adalah penyanyi, penulis lagu dan gitaris dalam band grunge dari Seattle, Nirvana. Dengan sukses band ini, Cobain menjadi selebriti nasional dan internasional, suatu posisi yang disandangnya dengan berat hati. Dia juga dianggap sebagai ‘SANG PENDOBRAK KEMAPANAN”.

Pada 1991, melejitnya lagu Cobain yang paling terkenal, Smells Like Teen Spirit, menandai bermulanya perubahan besar dalam musik pop dari jenis musik yang populer di tahun 1980-an seperti glam metal, arena rock, dan dance-pop, kepada grunge dan alternative rock.

Selain itu lagu-lagu tulisan Cobain lainnya misalnya About a Girl, Come as You Are, In Bloom, Lithium, Heart-Shaped Box, All Apologies, dan Rape Me.


Cobain menikah dengan Courtney Love pada 24 Februari 1992 di Waikiki Beach, Hawaii. Pada 18 Agustus, Frances Bean Cobain dilahirkan.

Pada 1 Maret 1994, setelah konser di München, Jerman, Cobain didiagnosa dengan bronchitis dan severe laryngitis. Ia diterbangkan ke Roma hari berikutnya untuk menjalani pengobatan, dan istrinya bergabung pada 3 Maret.

Pagi berikutnya, Love bangun dan menemukan Cobain sudah overdose dengan paduan dari champagne dan Rohypnol. Ia dilarikan ke rumah sakit dan setelah lima hari di sana diperbolehkan pulang. Karena masalah drugs ini, Cobain dimasukkan ke panti rehabilitasi pada tanggal 30 Maret. Pada malam 1 April, Cobain keluar untuk merokok dan kemudian kabur dari panti tersebut dengan memanjat pagar. Ia kemudian pergi ke Seattle dan menghilang.

Pada tanggal 3 April, Love menghubungi seorang private investigator, Tom Grant, dan menyewanya untuk menemukan Cobain. Pada tanggal 8 April 1994, jenazah Cobain ditemukan di sebuah ruangan di atas garasi rumahnya di Lake Washington oleh pegawai Veca Electric bernama Gary Smith. Otopsi kemudian memperkirakan Cobain tewas pada 5 April 1994.



  • Nirvana - The Man Who Sold The World



  • 0 komentar:

    Poskan Komentar